Tiga Landasan Utama [bagian 2]

Setelah mengetahui tentang risalah ini dalam artikel sebelumnya maka kita akan mencoba membahas tentang pentingnya risalah ini kita pelajari, tentunya dengan seizin Allah ta’ala.

Tiga landasan yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah.

Risalah ini diambil berdasarkan dalil dari pertanyaan tentang kubur. Yang mana dalam ushul tsalatsah ini tidak boleh seseorang itu ta’lid, karena orang-orang munafiq tatkala ditanya mereka hanya menjawab ha..ha.. aku mendengar manusia mengatakan, aku katakan. Mereka mengatakan namun tidak dibangun atas ilmu, sehingga tidaklah bermanfaat. Sehingga ushul tsalatsah ini wajib diketaui berdasarkan dalil, tidak boleh hanya menta’lid. Tidak akan seseorang itu selamat dari fitnah kubur, kecuali dengan mempelajari ushul tsalatsah ini dengan dalil. Dan juga kita tidak hanya dihafalkan dari jawaban pertanyaan kubur, melainkan kita harus memahami dan mempraktekkan.

Apa yang wajib diketahui bagi setiap muslim dan muslimah?

Ketiga landasan utama itu adalah seorang hamba harus mengenal Rabbnya, Agamanya dan Nabinya Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam

Pengenalan seorang hamba kepada Robbnya tentunya tidak boleh sembarangan, tidak dengan caranya masing-masing. Kalau kita ingin pengetahuan kita benar tentang Allah subhanahu wa ta’ala maka kita harus mendengarkan dari apa yang telah Allah turunkan sendiri, karena suatu berita tidak dikatakan valid jika berita tersebut tidak bersumber dari yang berkaitan langsung atau bersumber dari perantara yang bisa dipercaya.

Untuk mengetahui sesuatu itu dapat dilakukan dengan tiga cara :

  1. Melihat langsung

  2. Melalui berita dari orang yang berkaitan atau

  3. Melalui perantara yang bisa dipercaya

Mengenal Allah dengan melihat langsung, tentu ini hal yang tidak mungkin dilakukan bagi manusia didunia ini, maka tinggal dua cara, dan dua cara ini sudah terpenuhi. Allah subhanahu wa ta’ala memberitakan tentang diri-Nya didalam kitab-Nya, kemudian melalui sunnah rasulullah, dan rasulullah adalah seseorang yang amanah, yang bisa dipercaya dalam semua perbuatan beliau.

Maka, tidaklah ada cara untuk mengenal Allah subhanahu wa ta’ala dengan benar kecuali dengan dua cara ini yaitu melalui kitabullah dan sunnah rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Dari kitabullah dan sunnah rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam maka kita dapati banyak penjelasan tentang Allah subhanahu wa ta’ala, baik dalam rububiyah, uluhiyah dan asma wasifat. Dan rob, diantara maknanya yang pokok adalah al-khalik, al-malik wa mudabbir, Allah subhanahug wa ta’ala yang pencipta, yang menguasai / memiliki dan Allah subhanahu wa ta’ala yang mengatur segala urusan. Sekecil apapun makhluk yang diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala, semua dalam pengaturan-Nya.

Setelah kita mengetahui Allah yang mencipta, mengatur, memberi rezeki maka dari itu, Dialah yang pantas dan berhak untuk disembah. Jika kita memalingkan peribadatan kepada selain Allah, inilah yang disebut sebagai perbuatan syirik.

Tidaklah seseorang dianggap benar-benar mengetahui hakekat agamanya, kecuali setelah mengetahui Allah subhanahu wa ta’ala dengan benar, serta kewajibannya untuk mengetahui dan memuliakan-Nya.

Yang dimaksud dengan mengetahui ajaran agama disini adalah agama islam yang melalui ajarannya kita beribadah dengan dalil-dalil yang dimilikinya dari kitab dan as-sunnah. Menurut bahasa ad-diin berarti kerendahan dan ketundukan dan menurut syariat berarti apa yang diperintahkan oleh Allah melalui Rasul-Nya.

Kemudian mengenal nabi-Nya yaitu Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, karena beliau merupakan perantara antara umat manusia dengan Allah subhanahu wa ta’ala dalam penyampaian risalah. Beliau merupakan makhluk yang paling mulia. Mengetahui beliau merupakan suatu yang wajib bagi setiap mukallaf (muslim dewasa). Sebab, tidak ada jalan lain untuk beribadah kepada Allah, kecuali melalaui apa yang dibawa oleh beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: